Dark Fate -Bersatunya Terminator dan Human Melawan Terminator yang Lain

Sejujurnya saya lupa cerita filem-filem Terminator yang ada beberapa sequel itu. Dan dipikir-pikir, apakah waktu dulu pernah nonton Terminator saya juga lupa-lupa ingat. Harusnya sih pernah nonton mengingat itu filem box office dan pemerannya , siapa sih yang nggak kenal Arnold Schwarzenegger ? Gimana saya tau Arnold jadi Terminator kalau nggak nonton ? Jadi kesimpulan sementara saya mungkin pernah nonton filem-filem Terminator, tapi saya lupa urutan ceritanya seperti apa.

Untungnya, untuk nonton Terminator – Dark Fate, saya tidak perlu hapal alur cerita Terminator sebelumnya. Ribet kan kalau musti nyambung-nyambungin cerita sequel sebelumnya dengan filem yang sekarang, lalu kita kehilangan arah nonton filem sekarang karena lupa alur cerita sequel awal. Sisi baiknya (menurut saya ) dengan lupa cerita sebelumnya, saya nggak perlu compare-compare bagusan mana yang ini atau yang dulu. Cukup cerita tentang filem yang kemarin saya tonton aja.

Ada beberapa flash-back juga flash-forward biar nyambung jalan ceritanya dengan cerita sebelumnya. Kadang-kadang saya pusing sendiri mikirin flash-forward seperti ‘orang ini harus diselamatkan supaya tidak terjadi kerusuhan di masa depan’, lalu muncul adegan rusuh di masa depan. Adegan rusuh di masa depan selanjutnya bisa dianulir setelah jagoan masa kini terselamatkan. Ya gitu deh pusing kalo terlalu dipikirin. Jadi nontonnya santai aja, gak perlu dipikirin njelimet kayak besok bakalan masuk di materi ujian semester. Terima aja ‘ape lu kate’ filem itu ceritanya mau gimana.

Tapi yang paling keren adalah penampilan Linda Hamilton. Sebagai emak-emak setengah baya begini, fokus saya terhadap alur cerita agak teralihkan dengan penampilan ‘body goal’ Sarah Connor yang diperankan oleh Linda Hamilton.Konon untuk memerankan Sarah Connor, Linda diet nggak makan carbo selama satu setengah tahun. Dia juga latihan angkat besi, pilates dan cross-training. Bukan cuma urusan melatih badan, supaya berimbang dengan kondisi tubuh dan asupan makanan bergizi lainnya, dia dibantu oleh tim dokter-dokter ahli seperti ahli jantung, ahli terapi fisik dan ahli gizi. Pantesan di umur 63 tahun penampilan tomboy-nya masih oke banget tanpa gelambir di kiri-kanan. Jalannya tegap, pegang senjata besar juga mantab. Keriput di muka ? gampanglah kalau dia mau tinggal ke salon minta perawatan plasma renewal treatment atau sebangsanya. Bandingkan dengan T-800 Arnold Schwarzenegger yang kelihatan menua dan beruban, padahal dia sesungguhnya adalah robot.

Adalah Daniella “Dani” Ramos, seorang perempuan Latino yang dicari-cari oleh cowo cakep Gabriel Luna. Disamperin ke rumahnya, ketemu sama bapaknya Dani dan ngaku sebagai teman Daniella Ramos.

Secakep-cakepnya cowo nyamperin ke rumah ,tetap aja bapaknya Dani curiga karena selama ini anaknya dipanggil ‘Dani’ saja sama teman-temannya, bukan nama sesuai tertera di Kartu Keluarga. Kecurigaan bapak Dani terbukti karena yang dihadapinya bukan orang beneran, tapi robot Terminator Rev-9 yang berasal dari masa depan. Dani dicari dan akan dibunuh oleh Rev-9.

Kemudian muncul tentara tinggi langsing dari masa depan juga yang bernama Grace. Grace merupakan tentara super, prajurit pembunuh. Manusia beneran yang diperkuat dengan cybernetic untuk melawan terminator.

Sarah Connor bilang kalau dia tidak pernah lihat mahluk seperti Grace, manusia setengah robot. Grace lalu menjawab, ” I am human, just enhanced”

Grace diutus dari masa depan untuk melindungi Dani Ramos karena keselamatan dan kelangsungan hidup masa depan tergantung pada Dani.

Sarah Connor, yang mempunyai masa lalu kelabu karena pernah diburu oleh Terminator di filem sebelumnya, flashback dengan cerita anaknya yang ditembak di depan mata oleh Terminator T-800 a.k.a Arnold kemudian bergabung dalam team Grace-Dani untuk melawan Terminator Rev-9.

Gabriel Luna, eh Rev-9 meskipun licin ganteng, tetap saja dia jadi penjahatnya. Dia punya kekuatan yang ngeselin lawan, juga ngeselin penonton kayak saya ini. Gimana gak kesel ya, sudah ditembakin, jadi tengkorak, hancur lebur badannya terberai mencair ke mana-mana , tetap saja bisa nyatu lagi menjadi tubuh seperti sebelum hancur. Dan itu terjadi berkali-kali !! Gimana gak kesel. Dia bisa langsung me-regenerasi tubuhnya dari segala kerusakan. Belum lagi kemampuan Rev-9 untuk memisahkan endoskeleton dengan tubuhnya sehingga memiliki 2 kekuatan fisik. Bisa mengubah lengan menjadi senjata mematikan. Dia juga bisa memanipulasi penampilan luar sesuai dengan orang yang terakhir dibunuhnya, seperti yang dilakukan terhadap bapaknya Dani. Rev-9 merupakan terminator yang paling mematikan, seperti yang Grace katakan  “You don’t fight it, you run from it.” Saking ga bakalan menang lawan Rev-9.

Kalau di dunia nyata bukan di filem dan kamu menghadapi musuh setangguh Rev-9 , apa yang kamu lakukan ? Apakah lari ke gua terdalam yang pernah ada di muka bumi ini ? Atau menghadapi dengan gagah berani ? … Kalau saya ga tau ya .. paling dengan dengkul gemetar komat-kamit baca Ayat Kursi atau surat sehapalnya, atau kalau pas pegang Al Quran, ngaji surat-surat sebukanya kitab, siapa tau Rev-9 jadi asap dan menghilang. Suwer ini mahluk nakutin banget, untung cuma di filem.

Trio Macan Dani-Sarah-Grace lalu dibantu melawan Rev-9 oleh Terminator masa lalu, siapa lagi kalau bukan T-800.

T-800 selama 20 tahun terakhir sudah tidak memiliki misi untuk membunuh. Dia hidup selayaknya manusia biasabersama perempuan dan anak lelakinya menjadi satu keluarga. Dia memutuskan untuk membantu menyelamatkan masa depan setelah tiga cewe jagoan datang ke kabinnya di hutan di Texas.

Gitu deh, simpel banget kan jalan ceritanya. Filem selama 2 jam ini seru dengan adegan cepat bantingan-benturan-ledakan. Gak sempat ada adegan makan malam karena semua harus bergerak cepat, kalau enggak jagoan bisa mati di tempat.

Bila ada waktu nontonlah sekedar jadi hiburan. Ini filem Terminator ke-6. Kalau dulu T-800 bilang, “I’ll be back.” , sekarang sepertinya dia cape atas segala kegaduhan selama ini. Di Terminator-Dark Fate, T-800 bilang ke keluarganya ,” I won’t be back.” Apakah pertanda ini filem Terminator terakhir ? Sok laahh nonton … ga usah terlalu dipikirin 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: